Kamis, 13/3/2024. MTs NU Pakis menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan mengadakan acara Pondok Ramadhan. Acara ini dimulai pada pukul 07:00 WIB. Seluruh siswa-siwi memulai kegiatan ini dengan kebiasaan madrasah yaitu sholat Dhuha. Selanjutnya. seluruh siswa MTs NU Pakis berkumpul di aula untuk mengikuti materi bertema Moderadi Beragama bertema Tahsin oleh Mas Adib Risqy, Mahasiswa AM (Asistensi Mengajar) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Materi tersebut berisi tentang ilmu tajwid.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menonton film yang berjudul FETIH 1453 dan ice breaking pada pukul 09:30 hingga 11:11 WIB. Film tersebut menceritakan tentang pembebasan Bizantium (Romawi Timur) dengan ibukotanya Konstantinopel (Istanbul) oleh Sultan Mehmed II (Muhammad Al-Fatih). Makna yang terkandung dalam film tersebut adalah agama islam tidak semata-mata menghalalkan perang, karena dalam agama Islam ada etika-etika untuk melakukan perang.

Setelah itu, siswa-siswi MTs NU Pakis diharuskan berkumpul perkelas untuk membahas acara ponrom (Pondok Ramadhan) yang dilakukan besok. Sebelum pulang tentunyaa seluruh siswa-siswi MTs NU Pakis diwajibkan untuk melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah di Mushola madrasah.

 

Reporter:

Dzakiyah 7B

Devisi Dokumentasi Ekstrakurikuler KIR & Literasi