Sejarah Singkat MTs NU Pakis

Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama’ (MTs NU) Pakis didirikan pada tahun 1967 dengan nama Madrasah Ibtidaiyah Menengah (MIM) yang diprakarsai oleh para ulama’ dan para guru MINU Bunut Wetan (sekarang MI Al Hidayat) dengan ciri khas keislaman ala Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Tujuan dari pendirian MIM adalah agar sebagian besar alumnus MINU Bunut Wetan yang tidak dapat melanjutkan pendidikan dikarenakan kurangnya biaya dapat melanjutkan pendidikannya. Dua tahun kemudian nama Madrasah Ibtidaiyah Menengah (MIM) diganti dengan Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama’ (MTs NU).

Sedari Tahun 1967 – 2010 awal, MTs NU Pakis masih menggunakan gedung dan lahan bersama MI Al-Hidayat. Alhamdulillah, sejak 1 Juli 2010 MTsS NU Pakis bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada pagi hari karena sudah memiliki gedung yang mencukupi rombongan belajar dari dana block grant untuk pembangunan sarana prasarana yang merupakan salah satu komponen dalam program MEDP – ADB Loan INO-SF 2294 untuk 3 (tiga) tahun anggaran yakni tahun 2009 hingga 2011 dan mendapat tambahan lagi untuk 1 (satu) tahun anggaran yaitu tahun 2012 karena MTsS NU Pakis berhasil masuk dalam 3 besar madrasah yang melaksanakan proyek dengan baik.

Dalam perkembangan hingga saat ini MTsS NU Pakis mengalami perkembangan yang sangat baik, yaitu peningkatan jumlah siswa dan prestasi nonakademik seperti Lomba Mading yang meraih juara II tingkat Nasional dan Lomba Leadership Madrasah yang meraih juara I tingkat Nasional dalam event KSM & Expo Madrasah MEDP pada tahun 2012 di Bandung; Lomba Penulisan Kisah Inspiratif Madrasah dan Lomba Foto Inspiratif Madrasah, keduanya berhasil menyabet juara II tingkat Nasional.

Gedung MTs NU Pakis setelah Block Grand MEDP

Lomba Pidato Bahasa Indonesia meraih juara tingkat Propinsi dan menjadi wakil dalam Kompetisi dan Expo Madrasah Tingkat Nasional II (KEMNAS) 2011 di Jakarta; Lomba Pidato Bahasa Indonesia meraih juara III tingkat Propinsi tahun 2013;

Kepramukaan yang sudah memperoleh prestasi tingkat Kecamatan, Kabupaten, dan tingkat se-Jawa Timur dan Bali; Palang Merah Remaja meraih juara di tingkat Jawa Timur Open Tahun 2018; Lomba Pidato Bahasa Arab meraih juara tingkat Kabupaten; Grup Drum Band Kyai Madu MTsS NU Pakis yang aktif tampil di beberapa Kecamatan dan di Kabupaten Malang,

Tim Musik Islami yang aktif tampil hingga dalam acara nasional dalam pembukaan event KSM & Expo Madrasah MEDP pada tahun 2012 di Bandung, dan mengisi acara KSM dan Aksioma tingkat Nasional; Commed meraih Juara II fotografi tingkat Nasional Tahun 2018; Pagar Nusa meraih juara II Penampilan Terbaik tingkat Nasional Tahun 2018. Gerakan Literasi Madrasah yang mampu menghasilkan buku ber-ISBN karya dari siswa dan guru diantaranya Dunia Tatia, Cry Happy Tears, Strategi Najmah, Goresan Cintaku, Hanabil Story.

Program happy morning, Kaleng impian, snackbreak dan makan siang menjadi salah satu program yang ada di sekolah ini. Kegiatan ini selalu di dampingi oleh wali kelas dengan maksud ikatan antara siswa dan wali siswa lebih erat karena lebih sering bertemu. Caretaker  merupakan program yang melatih siswa untuk melayani temannya selama 1 hari. Penerapan jadwal pelajaran dengan sistem blok menyesuaikan kondisi madrasah di masa pandemi Covid-19. Penerapan jadwal 1 minggu 1 mapel dengan langsung mengambil nilai ujian di akhir pekan. Pada Tahun pembelajaran ini kelas VII sudah menerapakan Kurikulum Merdeka.  

Sumber : Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) MTs NU Pakis Tahun Pelajaran 2022-2023