Jumat, 15/3/24. MTs NU Pakis melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan hari kedua dengan penuh suka cita. Acara Pondok Ramadhan ini dirancang untuk menyambut bulan ramadhan bersama warga madrasah juga sekaligus buka bersama. Kegiatan ini diawali dengan membaca Istighasah dan aqidatul awam di musholla madrasah, juga dengan diisi materi tahsin oleh Kak Adip seperti hari pertama. Materi tahsin ini melanjutkan materi di hari sebelumnya sehingga para siswa dapat memahami materi tahsin dengan sempurna.Dilanjutkan kegiatan rutin MTs NU Pakis pada Jumat siang, yaitu sholat Jumat di Masjid Darussalam bagi para siswa dan kegiatan keputrian bagi para siswi.

Setelah memahami juga mengetahui ilmu-ilmu tahsin, para siswa pun berkumpul sesuai kelompok mengajinya masing-masing untuk menerapkan ilmu taring yang sudah diajarkan. Dengan begitu siswa pun tidak hanya bisa secara teori. Namun juga dapat mempraktekkannya dengan benar.

Pondok ramadhan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun ini PK. IPNU-IPPNU MTs NU Pakis dan para Mahasiswa AM dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, mengadakan bazar dengan mendatangkan para pedagang yang eberasal dari para wali siswa dan alumni MTs NU Pakis. Sebelum bazar dimulai siswa diharuskan menukar uang agar mendapat voucher yang senilai 5k untuk transaksi pembelian di bazar tersebut. Para siswa sangat antusias sekali menyambut bazar tersebut.

Sembari menunggu adzan maghrib untuk berbuka para siswa sudah mulai menyiapkan makanan untuk berbuka puasa bersama di aula MTs NU Pakis. Dari bazar tadi para siswa membeli jajanan ataupun minuman untuk disantap bersama-sama saat adzan maghrib berkumandang. Selesai menyantap takjil, siswa MTs NU Pakis melaksanakan shalat maghrib berjamaah terlebih dahulu.

Shalat maghrib sudah terlaksana, para siswa, guru, dan mahasiswa AM berkumpul di aula untuk berbuka bersama. Sungguh momen yang paling ditunggu-tunggu selama acara Pondok Ramadhan ini. Saat berbuka bersama kita merasakan rasa persaudaraan juga persabahatan yang erat. Sehabis berbuka tak terasa adzan Isya’ sudah berkumandang. Para siswa MTs NU pun bersama-sama membersihkan aula dan mengambil wudhu. Lalu melaksakan shalat Isya’ dan shalat tarawih berjamaah.

Dengan demikian acara ini sangat berdampak positif untuk siswa MTs NU Pakis. Berbuka bersama menumbuhkan rasa hangatnya persaudaraan di madrasah. Sedari pagi hingga malam menghabiskan waktu dengan penuh suka cita menyambut ramadhan sekaligus belajar bersama.

 

Repoter:

Raychanin Athea Mifzal 8B

Ketua Harian Ekstrakurikuler KIR & Literasi