Minggu 10/3/24. Remaja Masjid Darussalam Bunut Wetan menggelar acara tahunan, yitu Pawai Ta’aruf dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Pawai ini sempat tertunda pada Sabtu malam karena hujan yang kunjung berhenti, sehingga dilaksanakan pada Munggu pagi pukul 07.00 WIB. Acara ini diiringi dengan berbagai kegiatan menarik yang menggugah semangat kebersamaan umat Islam Bunut Wetan dan dihadiri oleh siswa-siswi, guru, serta santri TPQ yang turut meramaikan suasana. Sekalipun gerimis, para peserta tetap antusias mengikuti acara ini.

Dalam pawai ini, siswa-siswi MTs NU Pakis unjuk kekreativitasan mereka dengan mengenakan busana Islami yang indah dan memukau. Berbagai kostum menarik dari sejarah Islam dengan tema ” Wali Songo ” hingga kreasi masa kini dihadirkan dalam parade yang berlangsung dengan penuh semangat. Musik Islami yang menghentak mengiringi langkah mereka, menciptakan suasana yang khas dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Tidak hanya itu, pawai Ramadhan ini juga dimeriahkan oleh para anggota terpilih Sanggar Seni Cakrawala yang menyajikan musik Islami. Mereka tampil di panggung yang berada di lapangan parkir Masjid Darussalam. Kemeriahan ini juga tidak lepas dari kehadiran kuliner yang ada di sepanjang jalan area Masjid.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada bapak ibu pimpinan sekolah dan juga TPQ yang ikut menyertakan anak muridnya, santri-santrinya untuk memeriahkan acara pawai pada pagi hari ini. Tanpa peran dan partisipasi dari sekolah-sekolah dan juga TPQ yang ada di desa ini, tidak mungkin pawai ini bisa berjalan semeriah ini. Sekali lagi kepada pimpinan TPQ dan juga sekolah-sekolah yang ada di Bunut Wetan, kami ucapkan terimakasih. Ungkapan rasa sayang dan juga kebanggaan kami sampaikan kepada anak-anak yang ikut serta dengan berbagai kostum yang semuanya tampak indah. Menunjukkan kegembiraannya untuk menyambut kehadiran bulan suci Ramadhan 1445H.” Ujar bapak Dr. H. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., selaku ketua takmir Masjid Darussalam.

Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk mengapresiasi nilai-nilai keislaman serta mempererat tali silaturahmi di bulan yang penuh berkah ini. Semangat dan antusiasme yang terpancar dari setiap peserta pawai ramadhan ini menunjukkan bahwa kegiatan ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya, khususnya keluarga besar MTs NU Pakis. Dengan penuh semangat dan kegembiraan, pawai ini telah berhasil menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi semua yang hadir, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan kecintaan pada agama Islam.

 

Reporter:

Amelda Fitri

Devisi Ekstrakurikuler KIR & Literasi