Sabtu, 2/3/ 2024. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, MI Al-Fattah Darussalam Sawojajar, Kota Malang melaksanakan kegiatan studi tiru ke MTs NU Pakis. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh wawasan dan inspirasi baru dalam pengelolaan pendidikan Islam. Dengan mengadopsi pendekatan ini, MI Al-Fattah Darussalam berharap dapat memperbaiki metode pengajaran, kurikulum, dan manajemen sekolah secara keseluruhan. Studi tiru ini menjadi wujud komitmen mereka untuk terus meningkatkan standar pendidikan, sehingga siswa-siswi dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih baik dan relevan dengan perkembangan zaman.

Kurang lebih ada 11 guru MI Al-Fattah Darussalam yang hadir dalam kegiatan ini pada pukul 09.00 WIB. Tak lupa Dr. Najmah, S.Pd., M.Pd., beserta beberapa guru MTs NU Pakis menyambut kehadiran para tamu dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan.

“Terima kasih atas perhatian Bu Najmah dan Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk bersilaturahmi disini. ” Tutur Muhammad Sodiq, S.Ag., selaku kepala MI Al-Fattah Darussalam.

Muhammad Sodiq, S.Ag., juga mengatakan bahwa MTs NU Pakis adalah sekolah yang bisa menyatukan para guru. Selanjutnya, salah satu guru MI Al-Fattah Darussalam tak mau ketinggalan memberikan testimoninya. Ia menyatakan bahwa MTs NU Pakis adalah sekolah yang bisa dicontoh.

Dalam kegiatan ini para tamu diberikan kesempatan untuk menyimak sedikit penjelasan dari kepala MTs NU Pakis tentang sejarah MTs NU Pakis, pengelolaan keuangan yang baik sehingga MTs NU Pakis mampu berkembang seperti sekarang. Lalu pemberian kenang-kenangan dari pihak MI Al-Fattah Darussalam kepada Dr. Najmah, S.Pd., M.Pd. di tengah-tengah acara.

Kegiatan selanjutnya diteruskan dengan tes bakat ST-30 dari Talent Mapping yang dipandu oleh Tri Agung Yoga Prasojo, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan MTs NU Pakis. Setelah tes ini selesai, Ia menjelaskan kekuatan dan potensi apa saja yang dimiliki oleh para guru MI Al-Fattah Darussalam. Selanjutnya potensi itulah yang harus dikembangkan sesuai bakat masing-masing agar hasilnya maksimal dalam melayani siswa dan mengembangkan sekolah. Suana ruangan semakin hidup ketika para tamu aktif bertanya dalam sesi diskusi interaktif tentang segala hal yang ada di MTs NU Pakis hingga tak terasa siang hampir berlalu.

 

Sebelum berpamitan, para tamu diajak keliling madrasah untuk mengamati setiap ruangan di madrasah dan berfoto bersama.

 

Reporter:

Zivana Aurora Astria 7B

Anggota Ekstrakurikuler KIR & Literasi