Rabu, 28/2/2024. Seminggu sudah perwakilan MTs NU Pakis mengikuti workshop penulisan ilmiah OPSI dan MYRES 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 2 tim dari ekstrakurikuler KIR & Literasi Matsnuepa. Masing-masing tim beranggotakan 2 siswa dari kelas 7 dan kelas 8. Tim satu , yaitu Zivana Aurora Astria kelas 7B dan Ameda Fitri Ayu Permata kelas 8B yang dibina oleh Bu Syifaul Husna, S.Pd. Tim dua ada Raychanin Athea Mifzal 8B dan Hulya Mahdya Rastri 8B yang dibina oleh Bu Suci Trisna N.H., S.Pd.

Acara ini dinamakan KOMPAS yang diselenggarakan oleh MAN 4 Sleman bekerja sama dengan Forum Cendekiawan Muda Indonesia (Formcemi). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis ilmiah siswa, memahami standar penulisan OPSI dan MYRES, mendorong siswa untuk berperan aktif mengikuti karya ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswa seluruh Indonesia dari tingkat SMA/SMK/MA dan SMP/MTs baik negeri maupun swasta dengan tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Muda Mengispirasi.”

Kegiatan ini dimulai pada Senin, 19 Februari 2024 secara daring dan diisi materi-materi keren oleh pemateri kondang dari pukul 09.45-1600 WIB. Pemateri tersebut diantaranya adalah Dr. Janu Arlinwibowo, Drs. Ahmad Arief Ma’ruf, M.A,. M.Si., dan Uun Nasikhun, Lc, M.A. Beliau bertiga memang terkenal di dunia kepenulisan ilmiah. Karyanya sudah mendunia. Kemudian, kegiatan ini dilanjutkan  dengan tugas mandiri penyusunan proposal pada tanggal 20-23 Februari 2024. Lalu monitoring pada tanggal 24 Februari 2024.

Pengumuman proposal terbaik pada kegiatan ini sempat mundur karena panitia harus mengkaji ulang proposal hasil karya siswa-siswi se-Indonesia ini. Awalnya pengumuman seharusnya dilakukan pada kegiatan monitoring. Banyak pertanyaan di group peserta yang menayakan kapan pengumuman proposal terbaik. Namun mundur pada Rabu, 28 Februari 2024. Ini adalah penantian yang mendebarkan bagi setiap peserta, khususnya tim dari MTs NU Pakis.

Dari kegiatan ini, MTs NU Pakis mendapatkan kejutan yang luar biasa. Alhamdulillah, salah satu tim MTs NU Pakis mendapatkan penghargaan sebagai salah satu proposal terbaik nasional. Tim dari Raychanin Athea Mifzal 8B dan Hulya Mahdya Rastri 8B yang dibina oleh Bu Suci Trisna N.H., S.Pd. memperoleh medali perunggu bidang Keagamaan.

 

Reporter:

Husna Ahadha Sari 8B

Devisi Desain Ekstrakulikuler KIR & Literasi