Sudah menjadi kewajiban bagi calon Tenaga Pendidik untuk praktik nyata dalam pembelajaran disekolah. UIN Maliki Malang bersama Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) melaksanakan program Asistensi Mengajar (AM) sekaligus Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di MTs NU Pakis. Prosesi penerimaan Mahasiswa dilaksanakan Hari ini, Selasa 27 Februari 2024 di Lab IPA MTs NU Pakis.

Kegiatan ini diikuti oleh 13 Mahasiswa FITK beserta Dosen Lapangan, dan disambut baik oleh Bapak Yoga selaku Waka Kesiswaan serta beberapa Guru yang akan menjadi Guru Pamong. Mahasiswa ini terdiri atas beberapa jurusan antaralain Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, PAI dan PIPS. Mereka akan melaksanakan program AM dan KKM di MTs NU Pakis selama 3 bulan terhitung sejak penerimaan hari ini sampai tanggak 22 Mei 2024.

Pak Zuhdi, selaku Dosen Lapangan menyampaikan bahwa Mahasiswa UIN Maliki Malang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab, mereka akan melaksanakan AM dan KKM bersamaan dengan menempuh Mata Kuliah Microteaching di Kampus. “Iyaaa, saya kurang yakin dengan mahasiswa saya karena mereka belum dapat mata kuliah mengajar,” Tegasnya.

“Saya kaget dengan sistem Blok yang ada disekolah ini, biasanya sistem Blok dilaksanakan oleh jurusan Kedokteran, mahasiswa saya jadi punya PR besar disini” Tambahnya. Sistem Blok menjadi salahsatu kekhawatiran Pak Zuhdi sebab belum pernah menemukan sekolah yang berani melaksanakan hal tersebut ditambah mahasiswanya yang memang belum mendapat Mata Kuliah Microteaching.

Pak Yoga selaku Kesiswaan menanggapi hal tersebut dengan menyampaikan bahwa sistem Blok di MTs NU Pakis tidak semengerikan yang dibayangkan. Segala kreatifitas bisa dimaksimalkan dalam proses pembelajaran di MTs NU Pakis. “Jangan risau pak, sistem Blok justru memudahkan kita sebagai guru, nanti mahasiswa panjenengan bisa mengatur jadwal sesuka hati, kita sama-sama menguntungkan disini” Jawab Pak Yoga.

Terlihat wajah sumringah mahasiswa mendengar cerita-cerita dari Pak Yoga. Semoga Mahasiswa UIN Maliki Malang bisa menyelesaikan program AM dan KKM di MTs NU Pakis dengan lancar sampai akhir

 

Reporter:

Suci Trisna N.H., S.Pd

Guru IPS MTs NU Pakis