Minggu (25/2/2024). Ikatan Guru inovator Literasi Nasional (IGINOS) mengadakan Wokshop Literasi Nasional dengan Nara Sumber utama, yaitu Gol A Gong yang merupakan Duta Baca Indonesia, menggantikan Najwa Shihab. Acara ini dihadiri oleh guru penggerak literasi dari seluruh penjuru Indonesia. Acara ini juga disiarkan secara live di youtube resmi IGINOS.  Workshop tersebut mengusung tema “Cinta Lama Bersemi Kembali Untuk Literasi”. Kegiatan ini berlangsung di Hall Rumah Singgah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Kota Malang.

Jumlah peserta yang hadir di lokasi sekitar 250 peserta yang merupakan penggerak literasi didaerah atau sekolah msing-masing. Dalam acara ini, MTs NU Pakis mengirimkan dua peserta untuk mengikuti acara tersebut, yaitu Bu Suci Trisna N.H., S.Pd dan Bu Syafa’atul Maulida, S.Kom. Acara ini dimulai dengan sambutan pembuka oleh Bu Aini Rizqoh, selaku ketua umum IGINOS dan sambutan oleh tamu undangan lainnya.

“Sebuah perjalanan yang tidak mudah. Namun dengan semangat tinggi Komunitas IGINOS ini menjadi pegiat literasi yang luar biasa, ” jelas Aini.

“Komunitas ini mengedepankan kolaborasi bukan kompetisi, dengan berkolaborasi kita bisa berjuang bersama untuk anak didik di lembaga masing-masing,” imbuhnya.

Pada sesi materi Workshop Gol A Gong banyak menjelaskan kisahnya tentang writing traveller dan perintah Allah untuk menjelajahi bumi ini melalui Qur’an Surat Al-Mulk ayat 15 yang artinya “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” 

Gol A Gong sendiri telah melahirkan banyak buku yang terlahir dari setiap inspirasi ketika ia melakukan safari. Salah satu bukunya yang luar biasa adalah Balada Si Roy yang telah difilmkan dan dibintangi oleh Abidzar Alghifari yang merupakan putra dari (Alm) Ustadz Jefri Albukhori dan Umi Pipik. Film ini di sutradarai oleh Fajar Nugros.

Di sela-sela keseruan Workshop Literasi ini, IGINOS melauncing buku antologi puisi Rima Cinta. IGINOS juga memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang aktif dalam giat literasi di daerah atau sekolah masing-masing. Seperti guru inovator, pengawas inovator, kepala sekolah inovator. Tak lupa pejabat publik yang juga sangat mendukung adanya kegiatan literasi juga mendapatkan pengghargaan

Tak disangka, tak di duga ternyata MTs NU meraih satu prestasi lagi dalam kegiatan tersebut, yaitu penghargaan kepada kepala MTs NU Pakis. Dalam hal ini Kepala MTs NU Pakis, Dr. Najmah, S.Pd., M.Pd., memperoleh penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Penggiat Literasi yang diwakilkan kepada Bu Syafa’atul Maulida, S.Kom.

 

Reporter:

Adinda Winda Oktavia 9B

Anggota Ekstrakurikuler KIR & Literasi