Sabtu/17-18/24. Ekstrakurikuler Pagar Nusa telah mengadakan kegiatan Ujian Pengambilan Badge dan Sabuk (UPBS) untuk anggota baru, serta UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) bagi anggota lama. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan bela diri dan meningkatkan kesadaran diri, serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan kejuangan. Program ini sering kali menekankan pada aspek kedisiplinan, keberanian, dan semangat persatuan. Acara ini berlangsung selama 2 hari 1 malam dan dibuka untuk umum.

Ada kurang lebih 15 peserta yang turut serta pada kegiatan UPBS dan UKT tersebut. Semua peserta terlibat aktif dalam setiap materi. Dengan dukungan yang solid dari para instruktur yang berpengalaman, setiap sesi kegiatan memberikan pengalaman yang berharga bagi para peserta, menjadikan acara ini sebagai wadah yang efektif untuk pengembangan diri dan memperkokoh persaudaraan dalam dunia bela diri.

“Kegiatan UPBS dan UKT ini sangat seru sekali. Bisa bertemu teman baru dan bisa lebih akrab dengan teman sebaya, kemudian juga mendapatkan pembelajaran yang luar biasa.” Tutur Zalfa saat menyampaikan kesan ketika mengikuyi kegiatan tersebut.

Acara ini diadakan pada tanggal 17 -18 Februari 2024. Materi yang disampaikan mulai dari pos 1 materi tentang keagamaan seperti tentang adzan, wudhu, sholat, alqur’an, doa-doa, dan lain sebagainya. Lalu dilanjutkan dengan materi kewarganegaraan seputar negara Indonesia dan sejarahnya. Di pos 2 ada materi Ke-NU-an dan Ke-Pagar-Nusa-an, isinya tentang sejarah NU dan Pagar Nusa, tokoh-tokoh NU dan Pagar Nusa, Keaswajaan, Salam Pagar Nusa, arti lambang NU dan arti lambang Pagar Nusa. Kemudian di pos 3 ada materi tendangan, pukulan, bantingan, sapuan, guntingan dan jurus baku pagar nusa. Di pos terakhir tugasnya mencari sabuk dan pendinginan.

Kemudian ada juga sesi baiat yang dipimpim oleh Bapak Khoirul Anam selaku Khos Pagar Nusa Malang. Saat pembaiatan para peserta mengucapkan ikrar yang dipimpin oleh beberapa pelatih. Dalam prosesi baiat ini Bapak Khoirul Anam berharap semoga anak-anak yang mengikuti UPBS dan UKT saat itu dapat melanjutkan hingga tingkat pelatih dam dapat mengabdi pada Pagar Nusa dan Nahdlatul Ulama.

 

Reporter:

 

Hulya Mahdya Rastri 8B

Sekretaris Harian Ekstrakurikuler KIR & Literasi