Senin 12/2/24, Ekstrakurikuler KIR dan Literasi MTs NU Pakis mengadakan kunjungan ke MA Almaarif Singosari untuk Sinau Literasi dengan Himpunan Siswa Penulis (HSP) guna mensinergikan literasi di ekskul ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pemahaman dan keterampilan dalam berliterasi. Syafa’atul Maulida, S.Kom., selaku pembina KIR dan Literasi MTs NU Pakis mengatakan bahwa sebenarnya KIR dan Literasi Matsnuepa masih baru dan merasa bahwa ilmu yang diajarkan di ekskul ini masih kurang, sehingga mengajukan kunjungan keĀ  ekskul HSP supaya mendapatkan banyak income ilmu yang bisa kami praktekan di ekskul KIR dan Literasi Matsnuepa.

Kedatangan kami ke MA Almaarif disambut dengan rasa kekeluargaan dan kehangatan. Kami juga disambut beberapa anggota HSP, Indra Nurdianto, M.Pd selaku pembina HSP dan juga Himmah Mufidah, S.S., M.Pd., selaku waka kesiswaan MA Almaarif. Kami saling bertukar kisah dan pengalaman satu sama lain.

“Sesungguhnya dan sampai detik ini masih sama-sama mengawal, sama-sama belajar tentang bagaimana mengembangkan literasi, kita pun sesekali waktu juga perlu sinau, kita kesana. Bagaimana adik-adik bisa yang sekelas SMP/MTs saja berani membuat sebuah karya, berani untuk belajar maka kalian juga yang dari MA, tim HSP juga berani membuat sebuah gebrakan, bukan berarti kita bisa tapi monggo ayo sama-sama kita juga belajar ke tempat yang lain.” Tutur Himmah saat memberikan sambutan di awal acara.

Dalam kegiatan Sinau Literasi ini, Indra Nurdianto manyampaikan berbagai pengalaman dan beberapa kegiatan rutinĀ  HSP. Salah satunya tentang majalah An-Nasyit yang terbit setahun sekali. Beliau juga menuturkan bahwa majalah itu tidak hanya isinya saja yang penting namun juga cover dari buku majalah itu sendiri supaya dapat menarik orang yang akan membeli majalah tersebut. Isi dan cover sama-sama harus bagus dan menarik.

Anggota ekstrakulikuler KIR & Literasi MTs NU Pakis sangat senang sekali bertukar ilmu dengan HSP MA Almaarif Singosari. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat baca dan kecakapan literasi masing-masing anggota. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan juga menyenangkan karena sembari belajar juga saling berbincang hangat mengenai literasi. Hal ini merupakan kesempatan dan pengalaman berharga bagi anggota untuk memperdalam ilmu melalui Sinau Literasi bersama HSP MA Almaarif Singosari. Dengan demikian, Sinau literasi antara KIR dan Literasi MTs NU Pakis dan HSP MA Almaarif Singosari telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan literasi anggotanya.

Melalui pertukaran pengalaman dan pengetahuan antar kedua sekolah, diharapkan bahwa semangat literasi akan terus berkembang dan menjadi bagian dari perjalanan pendidikan ekstrakurikuler KIR & Literasi MTs NU Pakis. Ini adalah langkah awal yang penting dalam membangun generasi yang lebih terampil dan berpengetahuan luas di masa depan. Semoga hubungan persaudaraan antara KIR dan Literasi MTs NU Pakis dan HSP MA Almaarif Singosari dalam meningkatkan literasi dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat.

 

Reporter:

 

Raychanin Athea Mifzal Kelas 8B

Ketua Harian Ekstrakulikuler KIR & Literasi MTs NU Pakis