Mengawali tahun 2024 Scout Matsnuepa menargetkan Juara Umum pada lomba (GAMMA –NU SCOUT COMPETITION AND CREATIVITY 3) Tingkat Penggalang SMP/MTs Se-Malang Open Tahun 2024 yang di adakan oleh pangkalan MA NU Gondanglegi. Hal ini tentu tidaklah mudah. Mengingat GASCAC-3 merupakan salah satu event lomba pramuka yang paling kompetitif di Malang Raya. Belum lagi anggota pramuka yang tergabung di tim saat ini belum pernah mengikuti event lomba sebelumnya.

Optimisme ini muncul karena melihat usaha dan latihan yang telah dilakukan adik adik dan pelatih selama hampir satu bulan ini. Banyak diantara mereka yang memiliki keinginan kuat untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Scout Matsnuepa. Bisa jadi mereka terinspirasi dari kakak kakak mereka yang pernah berhasil memboyong tropy juara UMUM GASCAC sebelumnya.

“Tujuan utamanya adalah untuk mengukur kemampuan adik-adik, menambah teman dan kenalan sebanyak banyaknya. Kita berkompetisi hanya saat di arena lomba, diluar itu, kita harus mampu menunjukkan sikap sebagaimana seorang pramuka yang baik” ujar Kak Aziz, pembina pramuka MTs NU Pakis.

Ada beberapa cabang lomba yang diadakan pada even ini diantaranya adalah: Rigging Challenge, Tari Tradisional, Cooking, LKBB, SMS, Congklak, dan Vidio DC. dan diikuti oleh 17 SMP/MTs Negeri dan Swasta se- Malang Raya, diantaranya: SMPN 5 KEPANJEN, MTsN 4 MALANG, SMP PLUS AN NUR AL MUNIR, MTs MIFTAHUL ULUM, MTsN 2 MALANG, SMP AN NUR AL ANWAR, SMP ALI USTMAN, SMPN 01 DAMPIT, MTs AN NURU, MTsN 4 MALANG, SMP SUNAN AMPEL, MTs AL ISLAM, MTs NU PAKIS, SMPN 01 PUJON, MTs MIFTAHUL HUDA, SMP PLUS AL FALAH AL MAKKY

Alhamdulillah, dari event ini Scout Matsnuepa berhasil mendapatkan beberapa kejuaraan diantaranya:

  1. Juara 3 Putra Lomba Vidio DC
  2. Juara 2 Putra Lomba Cooking
  3. Juara 1 Putra lomba Congklak
  4. Juara Harapan 3 Putra Lomba SMS
  5. Juara 3 Putri Lomba Vidio DC
  6. Juara 1 Putr1 Lomba Cooking
  7. Juara 3 Putri lomba Congklak
  8. Juara 1 Pangkalan Lomba Rigging Challenge
  9. Juara 1 Pangkalan Lomba Tari Tradisional
  10. Juara 1 Regu Terbaik Putra
  11. Juara 2 Regu Terbaik Putri
  12. JUARA UMUM UTAMA GASCAC-3

Kegiatan Pramuka seperti GASCAC-3 ini adalah sarana untuk mengukur keterampilan adik adik pramuka kita. Harapannya mereka akan mengukir pengalaman belajar yang menyenangkan melalui kegiatan ini. Sehingga, kecintaan mereka terhadap Pramuka semakin kuat dan nantinya dapat menjadi generasi Pramuka yang tangguh dan berkualitas.

 

Kontributor: Yahya Sulaiman