Menyambut Tahun Ajaran Baru! MTs NU Pakis Terapkan Pembelajaran Sistem Blok dan Integrasi Mapel

MALANG, MTs NU Pakis.Sch.id – (01/07/2022)

Sudah menjadi rahasia umum bila MTs NU Pakis atau MATsNUEPA selalu punya inovasi yang sering kali mengagetkan banyak pihak. Setelah dalam dua tahun melakukan eksperimen penerapan sistem belajar yang ‘nyeleneh’ akibat Pandemi Covid-19 dimana dalam satu pekan siswa hanya belajar 1 mata pelajaran, tahun ini MTs NU Pakis secara resmi melaunching sistem belajar tersebut sebagai “sistem blok MATsNUEPA” yang akan diterapkan di tahun pelajaran 2022-2023.

Tri Agung Yoga Prasojo, S. Pd., menjelaskan “Sistem ini sebenarnya adalah sebuah solusi yang muncul ketika menghadapi pembelajaran daring saat pandemi kemarin. Kami menemukan bahwasanya siswa kesulitan untuk membagi fokusnya kepada banyak mata pelajaran apalagi dengan pendampingan tidak langsung (daring) kemarin.” Dalam keterengan lebih lanjut, Ketua Tim Pengembangan MTs NU Pakis itu juga menjelaskan bahwasanya sistem ini melewati masa uji coba 2 tahun sebelum akhirnya hari ini kita launching dengan judul sistem blok MATsNUEPA.

Pembelajaran sistem blok merupakan suatu sistem pembelajaran di mana terdapat restrukturisasi jadwal harian untuk membuat unit waktu untuk masing-masing kelas. Sistem Blok menciptakan pembelajaran atau pertemuan yang lebih sedikit setiap hari, namun bertemu untuk waktu yang cukup lama. Kondisi ini memungkinkan siswa untuk dapat berkonsentrasi terhadap satu mata pelajaran sehingga dapat menyediakan waktu belajar yang lapang di kelas. Sistem blok yang memunculkan waktu pertemuan yang lebih lama daripada sistem biasanya juga akhirnya menjadi faktor tersendiri bagi guru di MTs NU Pakis untuk dapat kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi pembelajaran bagi siswa.

Bukan hanya itu kejutan MTs NU Pakis di tahun ini. Dalam satu minggu kegiatan evaluasi dan perencanaan tahunan yang ditutup sabtu (02 /07/2022) ini, guru-guru mapel juga akan melaksanakan pembelajaran terintegrasi antar mata pelajaran. Hal ini disampaikan Fina Fadlillah, S. PdI., yang baru diangkat sebagai Waka Kurikulum  untuk tahun pelajaran 2022-2023 sebagai strategi untuk memberikan pembelajaran yang efektif, efisien dan berkesan bagi siswa. “Kami akan berupaya secara maksimal untuk dapat menyajikan pembelajaran yang sesuai untuk menjawab tantangan di kondisi era serba berkemajuan ini,” tambahnya.

Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., ketua Lembaga Pendidikan Al-Hidayat (LEPA) menyampaikan harapannya terhadap pembelajaran di LEPA termasuk di MTs NU Pakis. Dalam kesempatannya mengisi Workshop Penguatan Visi Misi di MTs NU Pakis pada hari kamis kemarin (30/06/2022), Pria yang juga menjabat sebagai Korprodi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang itu menyampaikan “Sebagai Lembaga Pendidikan yang berada di area non-urban, kita harus mengakui kalau kita adalah Lembaga yang ‘biasa-biasa saja’. Namun, itu bukan alasan bagi kita untuk tidak menyajikan proses dan hasil pembelajaran yang luar biasa.” Pesan ini adalah sebuah suntikan semangat bagi para guru dan pegawai di MTs NU Pakis khususnya dan LEPA umumnya sehingga dapat terus bersemangat memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa-siswinya.

Kontributor : Rifqy Ulinnuha

Leave a Comment

Your email address will not be published.